TECHNOPARK GANESHA SUKOWATI SRAGEN

Konsep technopark dimulai dari Universitas Stanford, diikuti oleh beberapa universitas di seluruh dunia, sehingga pada akhirnya menjadi satu mata rantai yang menghubungkan pihak pemerintah, universitas, industri dan pasar di dunia. Keberadaan Technopark untuk memudahkan akses ke lembaga-lembaga penelitian, guru besar(professor) dan siswa yang telah lulus untuk membentuk proyek R&D maupun proyek lain yang berbasis profit sharing. Dengan keberadaan Technopark, secara berkesinambungan akan terbentuj kelompok masyarakat yang semakin kritis, para ahli di bidang potensial sehingga dapat terhindari kebekuan dalam pemikiran Kami akan meneruskan promosi untuk kreatifitas, penemuan dan inovasi yang selanjutnya akan bertransformasi menjadi produk, pelatihan maupun sistem yang dapat diaplikasikan dalam masyarakat sehingga dapat mempengaruhi produktifitas dan gaya hidup kita.

BLK Technopark Ganesha Sukowati Sragen merupakan zona ramah lingkungan dimana sebuah proyek nerorientasi pada teknologi modern dan layak jual telah diinovasi, ditetaskan, didemonstrasikan, dikembangkan, dan diterapkan dalam sebuah skala ekonomi.

BLK Technopark Ganesha Sukowati Sragen didirikan dengan tujuan menetapkan dan mengimplementasikan R&D, pelatihan, mengembangkan, kemandirian maupun kerjasama untuk meningkatkan keahlian, tenaga kerja, produk, dan pelayanan yang mempunyai nilai jual dan nilai tambah bagi pemerintah dan masyarakat Sragen.


LATAR BELAKANG

Sumber daya manusia merupakan unsur terpenting dalam setiap organisasi. Manusia adalah penggerak/pengelola berbagai sumber daya lain yang bersifat “materi” seperti dana, bahan, mesin, peralatan maupun bangunan. Semua sumberdaya materi tersebut tidak akan mendatangkan manfaat yang maksimal jika manusia yang mengelolanya tidak dapat menjalankan tugas dengan baik.

Cakupan perencanaan pengembangan sumber daya manusia dimulai dari pengadaan sampai dengan pembinaannya, dilakukan secara terus menerus. Dengan rencana pengembangan sumber daya manusia yang baik, diharapkan manusia mempunyai kemampuan untuk dapat bertahan dan berkembang dalam lingkungan yang senantiasa berubah. Suatu organisasi akan dapat mengakomodasi perubahan-perubahan tersebut dan mampu menghadapi tantangan, jika memiliki sumber daya manusia dalam jumlah, kualitas, waktu dan tempat yang tepat.

Pengaruh atas perubahan itu sendiri ada yang bersifat menyeluruh terhadap kegiatan/bisnis organisasi termasuk yang berkaitan dengan pengadaaan dan pengembangan sumber daya manusianya. Perubahan dapat berpengaruh terhadap struktur organisasi, bentuk dan efektifitas hubungan antar manusia serta teknologi yang dipergunakan. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang selalu siap menyesuaikan adanya transformasi dalam situasi apapun.

Kabupaten Sragen, saat ini memilki jumlah penduduk 869.402 jiwa dengan jumlah angkatan kerja 521.641. Sedang jumlah pencari kerja yang terdaftar mencapai 6.544 orang. Untuk itu Kabupaten Sragen terus berupaya meningkatkan ketrampilan dan mengembangkan produktifitas tenaga kerja baik di swasta, instansi pemerintah maupun masyarakat luas. Salah satu programnya adalah “Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja (PKPTK)”. Program ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu bersaing dan mampu bertahan dalam perkembangan dunia yang semakin pesat dan ketat.

 
Technopark ICT Team